Tips menyelesaikan rubik 3 x 3

Tips bermain rubik 3 x 3 ( menggunakan 6 rumus/algoritma )
- rekomendasi untuk pemula. waktu penyelsaian rata rata 2menit. bisa dipelajari dalam dua hari.

Bismilahirohmanirohim. Assalamualaikum Warihmatullohi Wabarakatuh.

Dikesempatan kali ini penulis akan membagikan tips cara bermain rubik. How to solve a rubik's cube 3 x 3. materi yang ditulis ini berdasrkan ilmu dan pengalaman yang penulis dapat yang sekiranya bagaimana menyelesaikan rubik ini cara termudah cepat dan hanya cukup menggunakan dan menghafal 6 rumus  saja. berikut penjelasanya :

Langkah-langkah menyelesaikan rubik.
1. Membuat Cross (Alas)
2. Menyelesaikan alas
3. Menyelesaikan layer 1
4. Menyelesaikan layer 2
5. Menyelesaikan atap (metode ikan)
6. Menyelesaikan layer 3 (rubik keseluruhan)

Rumus yang digunakan.
untuk mengawali penjelasan selabjutnya penulis disini dalam menyelesaikan rubik ini menggunakan teknik, teknik yang dimaksud disini adalah penggunaan beberapa rumus algoritma tertentu untuk situasi tertentu juga.

F : Front : memutar bagian paling depan searah jarum jam / kekanan sekali (90')
F' : Front aksen : memutar bagian depan kekiri sekali (90')
2F : 2 kali Front ( F F )
2F' : 2 Kali Front aksen ( F' F' )
U : Up : Memutar bagian paling atas satu kali ke kanan.
U' : Up aksen : Memutar bagian paling atas kearah kiri satu kali
2U : 2 kali Up ( U U )
R : Right : Memutar sisi bagian paling kanan satu kali ke kekanan.
R' : Right aksen : Kebalikan Right (R)
L : Left : Memutar sisi bagian kiri searah jarum jam satu kali.
L' : Left aksen : Kebalikan Left ( L )


Langkah-langkah menyelesaikan rubik. (biasakan sisi alas adalah warna 'Putih' dan atapnya 'Kuning' )

1. Membuat Cross (Alas)


Pada tahap ini tidak diperlukan rumus khusus. buat seperti gambar dicontoh. Perhatikan setiap posisi edge.


2. Menyelesaikan alas dan layer 1

Setelah posisi cross sudah jadi tujuan selanjutnya adalah menyelasaikan alas. yaitu dengan cara menukarkan corner pojok depan kanan atas dengan corner pojok depan kanan bawah.

dengan rumus ( R U R' ).
ditahap ini perhatikan kombinasi 3 warna dari corner. sesuaikan corner yang tepat untuk menyusun alas dan layer 1. gunakanlah satu rumus saja. selalu posisikan kombinasi warna corner seperti dicontoh. pastikan warna alas diposisi sebelah kanan. bila tidak masukan rumus saja sampai posisi seperti dicontoh.

3. Menyelesaikan layer 2

Setelah alas dan layer sudah selesai. tugas selanjutnya menyelasaikan layer tengah atau layer 2. di tahap layer ini teori dasarnya adalah memindahkan edge pada layer 3 ke dalam edge layer 2 tanpa merusak kompisisi di layer 1/alas.
rumus yang digunakan ( U R U' R' U' F' U F )
Tips pada tahap ini perhatikan kombinasi dua warna dari edge. Posisikan edge pada layer 3 seperti gambar diatas lalu gunakan rumus untuk memindahkan edge ke kanan di layer 2.
untuk sesi inilah pilihlah edge pada layer 3 yang tidak memiliki unsur warna atap (untuk sample ini warna kuning).
jika kasus edge tidak sepert di contoh (warna terbalik. co:warna edge layer 3 biru merah tertukar posisi) tidak masalah. putar ( U' ) bagian atas edge yg terbalik di posisi kananya, lalu masukan rumus tadi maka edge akan berbalik warna berubah seperti contoh.

4. Menyelesaikan atap (metode ikan)


Setelah alas dan layer tengah terselasaikan. tugas selanjutnya adalah menyelesaikan atap. di tahap ini cukup menggunakan 2 rumus saja. tujuan rumus ini adalah membuat ikan sebelum menyelesaikan bagian atap.

a. Setelah menyelasaikan layer tengah. bila posisi di layer atap tidak membentuk gambar ikan seperti contoh. gunakan rumus berikut
  ( F R U R' U' F' )
lakukan rumus ini sampai membuat pola ikan seperti contoh.

b. Bila kondisi atap seperti ikan.

bila kondisi atap sudah gambar ikan seperti dicontoh. posisikan kepala ikan di pojok kiri bawah. masukan rumus berikut untuk menyelsaikan layer atap  ( R U R' U R U2 R').
lakukan rumus ini sampai layer atap terselesaikan.


5. Menyelesaikan layer 3 (rubik keseluruhan)



setelah layer alas tengah dan atap terselesaikan. tugas selanjutnya adalah menyusun layer 3. disini adalah pekerjaan paling sulit. teori dasar di sesi ini adalah menggunakan rumus untuk memindahkan edge dan corner pada layer 3, tanpa merubah posisi di layer alas dan tengah.  di sesi ini menggunakan dua rumus dasar.

a. Pada salah satu sisi layer kurang bagian edge.

bila kondisi seperti ini teorinya adalah menukarkan edge di sisi kana atau sisi sebelah kiri nya.
Pertama kita lihat ada di mana Edge yang hilang jika dikiri maka Rumusnya ( F2 U' R' L F2 R L' U' F2 ) sedangkan jika yang hilang ada di sebelah kanan maka Rumusnya ( F2 U R' L F2 R L' U F2 )  yang membedakannya hanya lah perputaran U & U'

b. bentuk posisi layer 3 tidak sepert contih butir 'a'

bila posisi di layer 3 tidak membentuk seperti contoh di butir 'a'diatas maka gunakanlah rumus berikut untuk membuat menjadi contoh 'a'
rumusnya ( R U2 R' U' R U2 L' U R' U' L ).
lakukan rumus ini sampai membuat kedua sisi corner sama.

6. Selamat masalah rubik anda terselesaiakan.

Tips
*jangan terpaku rumus. pahami teori dasar perpindahan bagian edge, corner, atau center nya.
*jangan bebani pikiran anda dengan mengahafal banysk rumus. dipost ini saya hanya menggunakan 6 rumus.
*kecuali anda pemain pro. untuk speedcuber. semakin banyak rumus algoritma yang dikuasai semakin cepat tahapan penyelesaian puzzle.
*yakinlah semua masalah ada solusinya. coba terus dan brlajar terus bila anda gagal.
*belajar dan bertanyalah pada orang lain yang lebih memahami rubik.

"masalah rubik seperti masalah dalam hidup sesekali terlihat acak dan sulit dimengerti, tetapi yakinlah semua masalah butuh proses dan waktu untuk menatanya kembali indah dan berwarna. lihatlah potensimu kalau perlu mintalah bantuan orang lain dan selesaikan semuanya dengan kedua tangan mu" -lukman kurniawan



2 komentar:

wisnu mengatakan...


artikel yang sangat menarik dan sangat membantu

Visit Us

Daniel Octavandine mengatakan...

ooo baru tahu saya kalau ternyata ada rumusnya, karena biasanya asal main doang wkwk. Terimakasih atas informasinya, lumayan menambah wawasan. Yuk kunjungi:
Website Kami