Hati - hati. Modus penipuan rekening ponsel

Modus penipuan rekening ponsel

Assalamualaikum Warohmatullohhi Wabarokatuh.

Para pemedia yang bijak. dikesempatan ini saya akan berbagi cerita kisah menarik tentang modus penipuan yang hampir saya alami.
penipuan ini dilakukan oleh pembeli palsu di situs jual beli online modusnya adalah rekening ponsel dan dompet digital ex:doku wallet. dll

Kejadian ini tanggal 11/08/2017. waktu itu saya posting iklan barang yang akan saya jual di salah satu situs jual beli online (sebut saja olex). di sini saya sebagai pihak penjual. saya posting iklan sepatu. kemudian setelah iklan sudah tayang langsung ada 2 orang chat saya mau beli sepatu di waktu  yang sama.

Disini sang penipu beraksi. (maaf saya menyebut calon pembeli palsu disini dengan kata "penipu" ya rekan rekan)

berikut timelapse beserta pict. (pict berasal dr screencapture handphone saya dan tidak ada proses edit)

1. Si Penipu menanyakan barang yang anda jual dr situs jual beli online.

pembeli palsu ke dua chat via whatsapp jeda waktu singkat dari pembeli palsu pertama (sindikat kasus penipuan ini dilakukan oleh lebih dari satu orang)


2. Si penipu meminta barang dikirim karena domisili pembeli ini beda kota dari kota anda (hati hati. si penipu sengaja merekayasa agar anda mau transfer atm)

3. Si penipu mulai meyakinkan anda untuk fix membeli barang anda (mengirim alamat kirim. tanya harga + ongkir. nomor rekening anda. dll)



4. Setelah deal. si penipu transfer uang sejumlah harga deal tadi menggunakan "rekening ponsel" miliknya tanpa konfirmasi dahulu dengan penjual lengkap dengan scrrencapture.
(anda perlu hati hati gunakanlah transaksi bank favorit anda yang aman. co:trsf via atm/ mobile banking). Si penipu ini mulai meyakinkan anda dengan mengirim bukti trsf.





5. Si penipu ini mulai melancarkan operasi penipuanya.

6. Si penipu ingin mengetahui saldo rekening anda. karena si pembeli palsu ini merasa sudah transfer ke rekening anda, anda diminta oleh penipu ini untuk mengecek saldo anda via mobile banking dan mengirim bukti screencapture saldo anda. (hati hati bila saldo rekening anda nominal banyak anda pasti akan disuruh ke atm terdekat/jika tidak. anda akan disuruh top up doku wallet atau sejenis dompet digital di gerai terdekat/mini market terdekat ex. indomrt alfamrt. dengan modus aktivasi. pengaktifan kode agar dana transfer tadi dapat masuk ke rekening anda)



7. Si penipu meyakinkan anda bahwa calon pembeli palsu ini sudah kirim uang via rekpon tetapi anda cek saldo rekening anda belum bertambah. anda patut curiga (si penipu meyakinkan anda bahwa dana transaksi masih pending gantung, sehingga butuh aktivasi dari anda setelah anda melakukan pembayaran via top up doku wallet/dompet digital lainya atau pembayaran tagihan via mesin atm).

8. Modus transaksi transfer uang dari pembeli palsu ke penjual pending. (si pembeli palsu ini merasa sudah transfer uang tetapi penjual blm merasa menerima. anda patut curiga. pembeli palsu ini meminta embel embel kode aktivasi/kode token atau kode kode semacamnya. kode aktifasi ini diminta penipu dari top up doku wallet/pembayaran tagihan yang anda lakukan)

modus transaksi pending karena saldo rekening penerima kurang dari limit Rp. 500.000
penipu megirim bukti transfer e cash mandiri padahal transaksi tersebut gagal.


9. Penipu ini melancarkan triknya meminta anda melakukan top up dengan embel embel "kode aktivasi" supaya dana transfer pembeli palsu yang pending tadi masuk rekening anda.

10. modus kode aktivasi "top up doku wallet/dompet digital sejenisnya". (modus ini penipu menyuruh anda untuk top up doku wallet senilai 200ribu atau lebih. untuk modus embel embel aktifasi. jangan percaya. anda akan dikirimi ID doku wallet/dompet digital milik penipu ini sehingga uang anda dkirim kerekeningnya)


11. Modus kode aktivasi "pembayaran tagihan via ATM". (modus ini pembeli palsu a.k.a penipu memastikan anda bahwa uang yang ditransfer td blm masuk ke rekening anda karena pending menunggu kode aktifasi. anda patut curiga. anda akan ditelpon diantar menuju mesin atm terdekat dipandu untuk melakukan pembayaran ke pembeli palsu ini. anda harus hati )


12. Trik yang digunakan penipu ini adalah
*pembeli palsu ini tidak menginginkan barang yang anda jual. dia hanya ingin anda top up ke rekening pembeli palsu ini.
*pembeli palsu merasa sudah transfer uang tetapi pending butuh kode aktifasi dari anda
*anda akan diminta top up doku wallet atau sejenisnya melakukan transfer uang ke pembeli palsu untuk embel embel aktivasi karena bila tidak anda top up dana dari pembeli palsu ini akan hangus, dan anda diancam meminta ganti rugi
*pembeli palsu ini menyerang anda bahwa saldo rekeningnya sudah kepotong. dan dia akan menyalahkan anda. menyuruh aktifasi terlebih dahulu, agar dana dapat ditransfer ke rekning anda.
*pembeli palsu ini akan me teror anda akan menyerang mental anda dengan telpon berkali kali. yang ujung ujungnya meminta pembayaran. bila ditelpon jangan diangkat.
*pembeli palsu ini meyakinkan anda bahwa dia bukan penipu dengan mengirim kartu identitas (bisa jadi editan) penipu ini akting seakan akan menjadi korban karena sudah transfer uang, saldonya sudah terpotong, yg katanya menunggu aktifasi dari anda agar transaksi transfer via rekening ponsel berhasil.
*modus utama penipuan ini adalah si penipu ingin anda top up ke ID rekening ponsel milik penipu. atau anda diminta melakukan pembayaran tagihan milik penipu ini (telkom/PDAM/speedy/Pln dll)

Tips aman jual beli online
*gunakan layanan pembayaran favorit anda yg aman (via atm/banking/mobile banking/COD cash on delivery)
*ingatlah bila anda penjual andalah yang menerima uang dari hasil jualan anda. jangan mau anda yang harus bayar kepada pembeli (kecuali ada perjanjian sebelumnya).
*Beretikalah menggunakan teknologi
*Ingatlah ganjaran dari keburukan yg anda lakukan atau karma itu ada. jika anda melakukan kejahatan terlebih makan hasil haram ingatlah semua itu akan kembali lagi anda sendiri dan keluarga anda). berbuatlah baik dan anda akan mendapatkan pahala.

 berikut saya lampirkan beberapa identitas penipu yang saya berhasil dapat asli berdasrkan kasus yang saya alami. bila kenal atau bertemu atau mengetahui bisa dilaporkan ke Pihak berwajib setempat.



disini pembeli palsu a.k.a penipu ini mengaku sebagai

NAMA : MOCHAMAD FERDIANSYAH
ALAMAT : RUNGKUT HARAPAN K/5 RT/RW 001/002 KALIRUNGKUT KOTA SURABAYA

dan pemebeli palsu a.k.a penipu 2

NAMA  AGUS SAPUTRA
ALAMAT KP WANASARI NO RMH 39
RT RW 006/026
KEL DESA KOTA KULON
KEC GARUT KOTA
KAB GARUT
bukti pelaku ingin pembayaran tagihan telkom via ATM.
no id telkom pelaku : 021113540350 (area jakarta)
bukti e cash mandiri (transaksi tidak sukses) dikirim pelaku. no rekening tabungan mandiri yg digunakan pelaku : 1260004007620 (126 kode area bank Mandiri KC jkt)

saya lacak ke dua nomor telepon tersebut adalah area Jakarta. saya kira oknum modus penipuan ini berasal dari kota Jakarta.

Berikut hal hal yang sekiranya bisa bermanfaat untuk rekan rekan pembaca semua. agar lebih bijak dan berhati hati menggunakan teknologi saat ini. berikut saya lampirkan beberapa identitas penipu yang saya berhasil dapat asli berdasrkan kasus yang saya alami. bila kenal atau bertemu atau mengetahui bisa dilaporkan ke Pihak berwajib setempat.

Terimakasih. Walaikum salam warohmatullohhiwabarokatu